Rabu, 23 April 2014



LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT.RMAYANA LESTARI SENTOSA,T.bk
Jl.merdeka timur no.1 malang
Disusun oleh :
1.Ahmad bahrudin (XI Pemasaran )
2.Irfant.b ( XI Pemasaran )
3.Juni ahmad.s (XI Pemasaran )
4.Nur fiki dwi.k (XI Pemasaran )

SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG
Jl.baiduri sepah no.27 tlogomas malang
Telp.0341-552857




LEMBAR PENGESAHAN

Laporan praktik kerja industri di Ramayana Department Store Malang telah disetujui pada tanggal Tiga Puluh Bulan April Tahun Dua Ribu Empat Belas.



PEMBIMBING SEKOLAH

PEMBIMBING DU/DI












Dra.Indah Sulistyowati

………………………………
NIP/NBM   779.667

NIP/NBM   ……………….


Mengetahui,


Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Malang











Drs. Suhandoko


NBM   677.075







KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
            Alhamdulillah,kami panjatkan puja dan puji syukur kehadiran ALLAH SWT yang telah memberikan kesehatan dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan praktikkerja industry ini dengan baik dan benar.
            Laporan praktik kerja industry ini di susun pada bulan april 2014 dan terus diadakan penyempurnaan sesuai dengan hasil evaluasi dan diskusi yang dilakukan pada saat prakerin.
            Laporan praktik kerja industry memuat latar belakang,tujuan,manfaat,waktu pelaksanaan,ruang lingkup,sejarah instansi,visi dan misi instansi,struktur organisasi instansi,temuan di lapangan,manfaat serta kesimpulan dan saran.
            Kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan tugas serta laporan ini khususnya kepada :
1.Bapak Drs. Suhandoko,sebagai kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 malang yang memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan tugas akhir ini.
2.Bapak Heru Pamungkas.SH., M.AP, Sebagai store manager Ramayana dept.store malang yang sudah memberikan kami kesempatan untuk melaksanakan prakerin.
3.Bapak Imam,sebagai SDM Ramayana dept.store malang yang telah memberikan kami kemudahan dalam melaksanakan prakerin.
4.Ibu Dra.Indah Sulistyowati,sebagai pembimbing sekolah.
5.Boak dan Ibu guru yang telah mendidik dan membina kami serta memberikan ilmu kepada kami.
6.Seluruh karyawan dan staff Ramayana dept store malang yang telah banyak membantu dan membimbing kami.



7.      Kedua orang tua kami yang telah mendukung pendidikan kami dalam hal apapun.
8.      Temen-temen yang banyak memberikan masukan kepada kami.
9.      Serta semua pihak yang telah ikut andil dalam melaksanakan dan menyusun laporan ini yang tidak bias akami sebutkan satu persatu.
                        Dlam menyusun laporan ini kami sadar bahwa masih jauh dari kata sempurna.maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat futuristic,sebagai bekal kami untuk kemudian hari.
Sekian dari kami semoga bermanfaat bagisemua .



Malang,1 April 2014

















penulis




DAFTAR ISI


Cover
Lembar pengesahan………………………………………………………………. . i

Kata pengatar…………………………………………………………………… ii
Daftar isi…………………………………………………………………………iv
Daftar gambar…………………………………………………………………… v

BAB I. PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah…………………………………………………………..
B.     Tujuan………………………………………………………………………………...
C.     Manfaat……………………………………………………………………………….
D.    Waktu pelaksanaan………………………………………………………………..
E.     Ruang lingkup
BAB II. TINJAUAN UMUM
A.    Sejarah instansi…………………………………………………………………….
B.     Visi dan misi…………………………………………………………………………
C.     Struktur organisasi………………………………………………………………...
BAB III. PEMBAHASAN
A.    Temuan dilapangan………………………………………………………………..
B.     Manfaat yang di peroleh…………………………………………………………..
BAB IV. PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………………..
B.     Kritik dan saran…………………………………………………………………….
Lampiran-lampiran


DAFTAR GAMBAR

Gambar Ramayana Malang……………………………………………………………..
  





BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Era globalisasai  dan era reformasi merupaka peluang sekaligustantangan bagi dunia pendidikan,peluang artinya apabila kita dapat memanfaatkan kesempatan yang ada maka itu merupakan modal untuk mencapi suatu keberhasilan.Tantangan artinya  kita harus berjuang keras unuk mencapi keberhasilan.Dalam persaingan globalsumber daya manusia yang unggulah yang akan menunjukan daya saing yang tinggi yaitu sumber daya manusia yang bermutu seperti yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Mutu luluan sekolah menengan kejuruan yang sesui dengan kebutuhankerja tidak mungkin hanya didik dan dilatih disekolah,tetapi harus dilatih dan dididik juga di dunia kerja secara nyata agar terjadi pembentukan sikap dan etos kerja yang tinggi serta keterampilan kerja dan pengalaman kerja yang memadai.

System ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlihan yang memadukansecara sistematik dan sinkorn progam pendidikan disokalah dan progam penguasaan keahlihan yang diperoleh melaui keiatanbekrja langsung di dnia kerja terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian tertentu.

Munculnya gagasan link & match juga I nsane kesempatan bagi peserta didik SMK untuk memgembangkan kreatifitas belajar pada wahana pendidikan yang lebih realistis.pihak SMK harus memanfaatkan institusi pasangan ini sebagai wahana pelatian yang lebih efektf bagi pembentukan ketrampilan dan sikap I nsane y l nal para lulusan.dengan adanya kesempatan kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak instansi pasangan,maka kegiatan belajar mengajar (KBM) akan dimungkinkan dapat berlanggsung pada dua tempat,di sekolah dan industry.di sekolah,para siswa diajarkan teori dan insane ly mereka melakukan praktik.denagn proses belajar seperti ini para siswa SMK akan memperoleh pengalaman yng sangat beharga sebagai persiapan memasuki dunia kerja.kegiatan belajar mengajar seperti ini di sebut PRAKERIN.

Prakerin memberikan nilai tambah yang sangat berarti,baik bagi sekolah maupun intitusi pasangan.bagi sekolah,biaya pendidikan akan menjadi rendah,di sampig itu para siswa akan terlibat langgsung dalam kegiatan belajar mengajar pada kondisi yang nyata.sebaliknya bagi institusi pasangan akan mendapatkan para lulusan yang tearmpil sebagai tenaga kerja produktif yang siap pakai.

Dalam uraian di atas dapat disimpulkanbahwa PRAKERIN membutuhkan wadah atau sarana untuk melaksanakannya,salah satu wadah yaitu Ramayana department store malang.

      B. Tujuan Prakerin
            1. meningkstksn mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran serta   institusi pasangan.
            2. menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan,ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
            3. menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan,ketrampilan dan sikap menjadi bekal dasar pengembanagn dirinya secara berkelanjutan.
            4.memberi pengetahuan  dan peanghargaan terhadap pengalaman kerja sebagaibagian dariproses pendidikan.
            5. meningkatkan sumber daya pendidikan yang ada di dunia kerja.

      C. Manfaat
            a. mendapatkan pengalaman dalam dunia kerja
            b. menjadi 2 insane yang lebih mandiri dan dewasa,kali inidalam dunia kerja.
            c. mendapatkan sesuatau pemikiran yang dulunya disekolah menjadi pemikiran yang lebih dewasabekrja dan menatap masa depan.



            d. memperoleh pengetahuan,keterampilan,dan etoskerja yang sesuai denagn tuntutan dunia kerja.
            e. menambah wawasan mengenai dubia kerja,sehingga tamatan diharapkan setelah lulusmendapatkan keterampilan dan etos kerja.


      D. Waktu Pelaksanaan
            Pelaksanaan di Ramayana department storemalang sendiidi mulai pada hari kamis tanggal 2 januari 2014 hingga hari rabu tanggal 30 april 2014.

Jadwal kerja disamakan dengan jam kerja karyawan, yaitu :

Shift pagi : masuk pukul 08.00 wib dengan keterlambatan 08.15 wib
                       Pulang pukul 16.00 wib,istirahat pukul 13.45 wib
Khusushari minggu keterlambatan pukul 07.30 wib,dan jam pualang tetep.

Shift siang : masuk pukul 13.30wib dengan keterlambatan pukul 13.45 wib
                         Pulang pukul 20.30 wib ( khusus prakerin ),
                         Istirahat pukul 14.45wib,dan sholat magrib (istirahat ke-2)pukul 17.30 wib

Khusus harisabtu,prakerian pulang jam 21.00 wib,dan jam masuk pukul 13.30 wib

Khusus hari mingguketerlambatan pukul 13.30 wib,dan jampulang tetep

      E. RUANG LINGKUP
1. Profil
            Nama instansi                          : Rmayana Departement Store Malang (RBM)
            Jenis                                        : Publik
            Produk                                    : Toko Swalayan
            Berdiri                         : tahun 1994
            Pemimpin saat ini                    : Bapak Heru Pamungkas,SH M.,AP 
            Lokasi                                     : JL.Merdeka Timur No.1 Malang




2.Pembagian MD :
            Fashion ;
            M1 (Baju wanita)
            M2A (T-Shirt Pria)
            M2B (Kemeja Pria)
            M2C (PDP)
            M2D (Celana)
            M3,M4,M5 (Baby,Child and Girl’s)

            Bazar :
            M6A (Toy’s)
            M6B (Stationary)
            M7A (Bed and Bath)
            M7B (House Hold)
            M7C (Elektronik)
            M8A (Toiletris)
            M8B (Food)
            M8C (Drink)
            M8D (Fresh)

3. Kegiatan Ramayana Malang
      a.menyusun rencana usaha
            - mengalisis kebutuhan konsumen
            - menentukan produk yang akan di jual
            - pengadaan barang dagangan
            - memproduksi barang dagangan
            - menentukan target penjualan
            - mencapi target,dsb



      b. komunikasi
            besarnya omzet penjualan pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh bagaimana usaha perusahaan dalam membina konsumen dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan salah satunya dengan memperhatikan sikap para karyawan dan SPG/SPB dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.
            Ramayana Departement Strore Malang melakukan hubungan yang sangat baikkepada konsumen/customer dengan cara :
-      Melakukan promosi
-      Time servis (acara diskon sewaktu-waktu)
-      Penyebaran artikel (brosur,catalog,dll)
-      Berdasarkan sikap (attitude),perhatian (attention),tindakan (action)

      c. melaksanakan transaksi penjualan
            - menerima dan mencatat persediaan
            - mendisplay barang dagangan
            - menetapkan harga jual
            - melaksanakan Adm.penjualan
            - customer service
            - menutup penjualan
            - labeling
            - packing,dll



BAB II
TINJAUAN UMUM
      A.Sejarah Instansi
            Ramayana Lestari Sentosa adalah jarinagn took swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia.selain department store yang menjual produk sandang seperti baju dan sepatu,Ramayana juga memiliki supermarket atau pasar swalayan yang menjual kebutuhan pangan dan sehari-hari
            Supermarket milik ramayan itu disebut Ramayana supermarket.grup usaha Ramayana terdiri atas Ramayana,robinson,dan cahaya baik dalam bentuk department maupun supermarket.
            Perusahaan ini dirintis oleh suami istri paulus temewu di ujung pandang.maka pada tahun 1978 didirikan outlet perintis”Ramayana fashion store” di jalan H.Agus Salim,Jakarta Pusat yang dikenal dengan”R1”.Dari sinilah bisnis eceran Ramayana dan robinson group menggurita semakin aktif mendekati konsumen.
            Sejak bisnis dimulai pada tanggal 1978,Ramayana bergerak lambat tapi tumbuh dengan mantap.meskipun krisis nampaknya belum berakhir.namun pertumbuhan bisnis yang cepat dan melewati masa pra krisis lebih cepat dibandingkan competitor terdekat dan dianugrahi penghargaan sebagai hasilnya.
            Walaupun Indonesia mengalami ketidakpastian ekonomi dan politik,Ramayana tetap konsisten untuk melebihi target penjualan,memperluas wawasan dan melanjutkan kebijakan yang sukses diterapkan sejak krisis 1997-1998 yang berdampak besar terhadap industri retail.
            Melalui tahun-tahun yang penuh perubahan dan ketidakpastian,Ramayana tidak melupakan sipa konsumen sebenarnya.rmayana tetap pada komitmen untuk melayani sector bawah,menyediakan barang-barang berharga rendah tanpa merendahkan mutu atau kualitas.
            Dijakarta,Ramayana melanjtkan untuk membagun kembali toko-toko yang rusak atau hancur selama terjadi kerusakan.fakta yang membanggakan adalah bahwa dalam waktu 18 bulan ramyana sanggup membangun kembali 10 dari 12 toko yang hancur.
Selebihnya dalam tahap renovasi dan telah dibuka kembali pada pertengan tahun 2001.
         Sementara pertumbuhan ekonomi di jawa berjalan lambat,Ramayana mulai mengalihkan perhatian keluar pulau jawa yang dapat menjadi daerah potensial untuk ekspansi.ramayana merencanakan untuk meningkatkan jumlah toko sekitar 10 toko pertahun secara  nasional pada tahun-tahun mendatang dengan perkiraan 50% berlokasi diluar pulau jawa.
         Meskipun ekonomi Indonesia memperlihatkan pertumbuhan selama tahun 2000,namun pemulihan ekonomi secra keseluruhan masih jauh yang diharapkan.stagnasi ekonomi yang berkelanjutan dibarengi dengan peningkatan ketidakpastian iklim polotik yang menghambat investasi asing dan bantuan,menurunkan daya beli konsumen,sebagai akibatnya pada tahun 2000 konsumen kelas menengan dan bawah mencari cara meningkatkan nilai uangnya dengan berbelanja pada seperi yang mereka laukkan sepanjang masa krisis.hinggatahun 2001,Ramayana telah memiliki 80 toko di 10 propinsi.selain itu terjadinya peningkatan ekonomi perusahaan,Ramayana juga sukses untuk meningkatkan secara maksimal pengembalian investasi terhadap pemegang saham.hal tersebut tercapi berkat penekanan biaya oprasional pada level minimum.
         Pada tahun 2000,ramayan mampu mencapi 42,9% melebihi penjualan tahun 1999 dan menekan biaya oprasional pada 15,8%.peningkatan penjualan tahun 2000,didukung terjadinya peristia yang langkah yaitu tahun baru mulim,idul fitri,liburan yang terjadi dua kali pada tahun yang sama.perencanaan yang layak dan pengendalian mendukung untuk menjaga kestabilan harga rendah dan menjaga barang dagangan dapat dijangkau pada konsumen utama.meskipun kompetisi teknis meningkat selama taun 2000,strategi perusahan yang menawarkan barang dagangan bernilai murah dan dapat dijankau mendukung dominasi Ramayana atas kelas menengah dan bawah.dilain pihak,banyak pesaing local yang masih berjuanag melawan efek resesi ekonomi sedangkan pesaing asing memfokuskan diri pada konsumen menengah atas.
         PT.Ramayan Lestari Sentosa Tbk,dipilih sebagai perusahaan dengan managemen terbaik kedua dikawasan Asia pasifik pada majalah Asia money edisi desember 2000.



didalam negeri,PT.Ramayana Lestari Sentosa,Tbk mendapatkan kehormatan dinilai sebagai :
      - perusahan dengan managemen terbaik.
      - hubungan denagn investor terbaik.
      - managemen keuangan terbaik.
      - peramalan bisnis yang sangat terpercaya.
      - strategi perusahaan terbaik kedua di Indonesia

      Hal ini terwujud dengan adanya kerja sama team managemen,pemegang saham,dan karyawan/karyawati.pada saatmemasuki millennium baru,Ramayana telah mempersiapkan diri untuk mengadapi tantangan jauh kedepan.ramayana memainkan peran social yang penting dalam masyarakat.pada berbagai temoat,kehadiran ramayan mambantuminingkatkan ekonomi local dengan menyediakan bantuan bagi supplier-supplier kecil dan supplier-supplier buah maupun sayuran.
B.     VISI DAN MISI
Ramayan amempunyai 3 prinsip yaitu :
1.      Kita selalu menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
2.      Kita selalu mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada pelnggan dan membina hubungan baik dengan mitra usaha.
3.      Bersama-sama meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga Ramayana dapat berpatisipasi dalam pembagunan Negara kita dan menciptakan kesejahteraan seluruh karyawan



C.    Struktur Organisasi









BAB III
PEMBAHASAN
A.    Temuan Dilapangan
§  Pelanggan potensial
§  Display barang yang baik dan benar
§  Cara melakukan pelayanan pelanggan yang baik berdasarkan konsep A3
1.      Faktor Pendukung dan Penghambat
1.      Factor pendukung

·         Tersedianya suatu bahan dan peralatan yang diperlukan terhadap kelancaran instansi dalam bekerja.
·         Pengetahuan dan kempuan dalam melaksanakan kinerja yang dibutuhkan oleh instansi.
·         Aplikasi program yang ada di instansi merupakan perwujutan ilmu yang telah dipelajari disekolah.
·         Penggabungan ilmu yang telah ada di instansi dengan ilmu yang dapt oleh peserta prakerin dari sekolah.
·         Seleksi secara tidak langgsung terhadap peserta prakerin untuk mencari tenaga baru yang professional.

2.      Factor penghambat
·         Pengelolaan data rata-rata masih menggunakan system naul sehingga terasa lambat dalam bekerja.
·         Pekerjaan yang ada di instansi masih perlu diubah keprogram yang serba modern da cepat.
·         Dibutuhkan program baru untun masing-masing pekerjaan yang berbeda agar lebih cepat dan praktisyang selama ini belum didapat.
·         Lokasi instansi kurang memadai dibandingkan dengat sanat pentingnya data yang ada.



      B.Manfaat Yang di peroleh
·         Memperoleh pengalaman dalam dunia kerja
·         Mendapatkan sesuatu hal yang sebelumnya belum didapatkan di sekolah
·         Menjadi lebih dewasa dan mantap untuk menatap masa depan
·         Mendapatkan ilmu pengetahuan,keterampilan,dan etos kerja sesuai dengan tuntunan dunia kerja.
·         Bertanggung jawab atas apa yang di lakukan sebelumnya

1.      Manfaat yang di sarankan
·      Penyusun dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang informatika yang dapat di peroleh selama belajar di sekolah,yakni dengan memahami suatu permasalahan dalam suatu system kemudian mengatasi permasalahan tersebut
·      Ketelitian dalam menyelesaikan segala tugas yang dihadapi.
·      Untuk mendukung kegiatan belajar di sekolah.
·      Bias menerapkan dan mengembangkan kemampuan yang diperoleh selama praktik kerja industry berlangsung.
·      Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai dunia kerja khususnya mengenai kegiatan dalam suatu organisasi.
·      Mengetahui sikap profesionalisme dalam melaksanakan suatu pekerjaan.



BAB IV
PENUTUP


A.    Kesimpulan
1.      Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa Ramayana malang telah menjadi salah satu mall di kota malang yang memiliki potensi besar dalam dunia bisnis.
2.      Ramayana malang didirikan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat menengah kebawah.
3.      Ramayana malang memiliki banyak counter (MD) yaitu :
Fashion : M0,M1,M2,M,M4,M5
Bazar    : M6A,M6B,M7A,M7B,M7C,M8A,M8B,M8C,M8D


B.     Kritik & saran
1.      Ramayana malang terutama pada pelayanan pelanggan masih terbilang kurang.
2.      Hendanya SPG/SPB lebih peduli lagi dengan customer.
3.      Kerja sama antara karyawan dan SPG perlu di tingkatkan.
4.      Sebaiknya tempat untuk time service disediakan lebih luas lagi agar jalan customer tidak terhambat.
5.      Tata letak took sudah dan terlihat menarik untuk dilihat customer.




                            



LAMPIRAN-LAMPIRAN









              RAMAYANA
              KARTU STOCK HARIAN

JENIS BARANG        :
HARGA                       :                                                ART :
TGL
STOCK AWAL
JUAL
SISA
KET.


-
+


































































































     










GAMBAR RAMAYANA MALANG



1 komentar: